Apa Itu Dekstop Environment pada Linux?


Bismillah..oke sob pada artikel kali ini admin akan sharing tentang Apa itu Dekstop Environment pada Linux?. kata Dekstop Environment atau biasa disingkat DE pada Linux ini pastinya sudah tidak asing lagi didengar oleh para user Linux sob, tapi mungkin akan terdengar asing bagi User Windows akut atau (hanya mengenal Windows) hehe.

Pada saat kita akan mencoba menginstal linux pada laptop/PC kita, pasti kita sedikit bingung untuk memilih Distro Linux apa yang akan dipakai contoh Ubuntu,Xubuntu,Kubuntu,Lubuntu,Linuxmint,UbuntuMate,Kali Linux,Elementary OS dan masiih banyak lagi sob, sehingga karena saking banyaknya Distro linux mungkin jadi bingung ya hehe.

Nah selain kita memilih distro linux kita juga harus memilih juga Dekstop Environment apa yang akan dipakainya. Contohnya seperti GNOME,XFCE,KDE,cinnamon dan lainnya.

Jadi Apa sih Pengertian Dekstop Environment?
Sederhananya Dekstop Environment adalah Tampilan antar muka yang ada pada layar kita atau dengan melihat adanya dekstop itu sendiri seperti contoh paling gampangnya itu pada windows ada start menu,taskbar,notification bar dan lain-lain. Jadi sederhananya apaun yang ditampilkan di layar itu adalah DE.

Nah Secara Umum Dekstop Environment itu bisa digambarkan GUI kepanjangannya adalah Graphic User Interface dari dekstop yang ada pada linux. Pada Sebuah sistem Operasi linux dekstop environment ini tidak hanya mencakup dai bagian GUI saja sob, dekstop  environment juga  sudah terintegrasi dengan pembawaan Tweak, Utilities atau Program keren lainnya pada paket instalasinya.
Dekstop environment

Jadi jika anda sudah menginstal salah satu Dekstop Environment pada distro linux anda maka tiap DE nya itu akan membawakan penampilan serta performa yang berbeda sob.
Seperti halnya Distro Ubuntu itu biasanya ia memakai Dekstop Environment GNOME yang didalamnya banyak sekali program yang memudahkan kita untuk memodifikasi si distronya agar lebih kece dan sangat bisa diandalkan dalam bekerja. pada sebuah dekstop environment itu juga terdapat banyak sekali TWEAK,Utilities yang sangat Keren dan membantu Penggunanya.

Oh sekedar tambahan saja pada setiap Dekstop Environment itu berbeda-beda dalam pemakaian RAM dan CPU nya sob contohnya pada Pengalaman Admin saat Laptop admin memakai Ubuntu 18.04LTS dengan Dekstop Environment nya itu GNOME Laptop admin lama-lama terasa Ngos-Ngosan saat dipakai multitasking musik dan Browsing juga terasa Shuterr dan Lag nya. Setelah dicari tau penyebabnya itu RAM laptop admin yang terbatas karena DE GNOME bisa memakai RAM 500-800 kira-kira, alhasil latop admin sekarang memakai distro XUBUNTU yang dimana itu UBUNTU yang memakai Dekstop Environmentnya XFCE. Untuk Dekstop Environment XCFE sendiri lumayan sedikit memakai RAMnya sob kurang lebihnya 200-400Mb an lah jadi sangat lancar dipakai di laptop admin hehe.

Xubuntu admin dengan DE XFCE

Jadi intinya sebelum anda memakai Distro dan Dekstop Environment Linux itu sebaiknya ketahui dulu Spesifikasi dari laptop/PC punya anda sob. jadi Bisa disesuaikan mana yang lebuh Optimal dijalankan pada laptop.PC anda, misalnya Laptop low end mungkin anda bisa instal Ubuntu lite,Xubuntu,Lubuntu dan jika Laptop Mid atau High End itu Kubuntu yang memakai Dekstop Environment KDE atau mungkin bisa memakai Ubuntu Mate dan DE Cinnamon.

Oke semoga bermanfaat...
sekian dan terimaksih...


0 Response to "Apa Itu Dekstop Environment pada Linux?"

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan menggunakan kata-kata baik,bijak,sopan dan santun
- Dilarang Keras Berkomentar berbau SARA,judi, pornografi dan kekerasan
- Dilarang Keras Berkomentar SPAM!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan penelusuran

Mini Search Engine disini